Implementasi Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Melalui Blended Learning

Authors

  • Triyana Rizka Chusnul Chotimah universitas veteran bangun nusantara
  • Erika Laras Astutiningtyas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Fitria Ikaningtiyas 3SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29212

Keywords:

Blended Learning, Discovery Learning, Pembelajaran Matematika, Persamaan Kuadrat

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo pada tanggal 30 september-1 Desember 2021 melalui kegiatan progam asistensi mengajar. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis proses kegiatan belajar mengajar dengan model discovery learning  melalui blended learning yang diterapkan secara tatap muka dan daring. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI TEI. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observas. Hasil penelitian yaitu 1) Peneliti melakukan kegiatan observasi, 2) Peneliti melaksanakan proses pembelajaran dengan tahapan : kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.
Dhiba, A. P. F., Ufliasari, D., Aprilia, P. D., & Ningsih, U. (2019). Problema Yang Dihadapi Guru Pada Saat Melakukan Proses Pembelajaran Daring Pada Masa PandemI COVID-19 DI SDN 1 PANEMBAHAN.
Fadilah, S., Susanto, H. A., & Wulandari, A. A. (2021). Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMA Veteran 1 Sukoharjo. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(3).
Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 64-73.
MaharanI, N. S. (2020). Analisis Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Priambudi, Y. A., Wiryaningtyas, R. K., & Aji, L. N. C. L. (2022). Masalah Yang Muncul Pada Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Luring Di Masa Pandemi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 2(1), 228-231.
Salmi, S. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas xii ips. 2 sma negeri 13 palembang. Jurnal profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1-16.
Sartono, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Fluida Pada Siswa Kelas Xi Mipa 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 3, pp. 52-64).
Sumarni, T. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi SMKN 1 PAINAN. Ensiklopedia of Journal, 2(3), 56-61.
Umayah, Y. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 74-84.
Usman, U. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa: Jurnal Jurusan Jurnalistik, 4(1).
Wahyudi, W. (2016). Penalaran matematis siswa berkemampuan tinggi dan rendah dalam menyelesaikan persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.
Zubaihah, I. (2021). Kesulitan guru dalam pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi. Edutama.

Downloads

Published

2022-03-30

Issue

Section

Articles