Analisis Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring Tahun Akademik 2020/2021

Authors

  • Ayu Kristanti Rahmadhani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Krisdianto Hadiprasetyo Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Erika Laras Astutiningtyas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.27317

Keywords:

motivasi belajar, pembelajaran daring, indikator motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Veteran Bangun NusantaraSukoharjo, bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi  belajar mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring tahun akademik 2020/2021 dan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar  mahasiswa pada setiap indikatornya. Penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang  digunakan pada penelitian ini adalah angket atau kuisioner dan wawancara.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar mahasiswa  Pendidikan Matematika semester VI Universitas Veteran Bangun Nusantara  Sukoharjo tahun akademik 2020/2021 dalam pembelajaran daring termasuk ke dalam kategori sedang. Dengan persentase motivasi belajar mahasiswa pada  setiap indikatornya termasuk ke dalam kategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farahsanti, I., & Exacta, A. P. (2016). Pendekatan Pembelajaran Kognitif dengan Media Flash Swishmax pada Pembeajaran Matematika SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika .Vol. 2, No.2.
Kartika, A. (2018). Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam
Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok (online). Jurnal SAP 1(2), 206-216.
Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sidiq, U., dan Choiri, M.M. (2019) Metode Peneltian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-03-30

Issue

Section

Articles